Ikuuuuuuuut yuuuuuks

Thursday, May 21, 2009

LAPIS PONDASI JALAN TANPA PENUTUP ASPAL LAPIS PONDASI JALAN KELAS C DAN WATERBOUND MACADAM

3.1. PEMILIHAN LAPIS PONDASI JALAN TANPA PENUTUP ASPAL

Lapis pondasi jalan ini mencakup 2 kategori, yaitu : Lapis pondasi jalan tanpa penutup aspal Kelas C dan Waterbound Macadam. Penentuan pilihan jenis lapis pondasi jalan tanpa penutup aspal berdasarkan hasil pengujian bahan setempat yang tersedia.

Penggunaan Waterbound Macadam akan dibatasi hanya untuk pengembalian kondisi dan perbaikan jalan dengan waterbound macadam.

3.2. PERSIAPAN

1. Kontraktor harus menyiapkan berikut di bawah ini paling sedikit 21 hari sebelum tanggal yang diusulkan dalam penggunan setiap bahan untuk pertama kalinya sebagai lapis pondasi jalan tanpa penutup aspal :
• 2 contoh masing-masing seberat 50 kg bahan.
• Pernyataan perihal asal dan komposisi setiap bahan yang diusulkan untuk lapis pondasi jalan tanpa penutup aspal, dan hasil pengujian laboratorium yang membuktikan bahwa sifat-sifat bahan yang ditentukan dalam Butir Nomer 3.5.2. terpenuhi.
• Penyedia Jasa harus mengirim secara tertulis kepada Direksi Teknis laporan bahwa pekerjaan dasar perkerasan telah memenuhi persyaratan kepadatan, kerataan, ketebalan dan elevasi sesuai ketentuan.

3.3. CUACA YANG DIIJINKAN UNTUK BEKERJA

Lapis Fondasi Tanpa Penutup Aspal dengan agregat Kelas C tidak boleh diturunkan dari truck, dihampar dan atau dipadatkan pada waktu hujan. Dalam keadaan terpaksa, pemadatan waterbound Macadam dapat dilaksanakan dalam saat hujan.

3.4. PERBAIKAN LAPIS PONDASI JALAN TANPA PENUTUP ASPAL

Hasil pekerjaan yang tidak memenuhi ketentuan, baik pada masa konstruksi maupun pada masa pemeliharaan, harus dilakukan pembongkaran dan perbaikan sehingga memenuhi persyaratan menurut Spesifikasi ini dan harus sudah dikerjakan 24 jam setelah pemberitahuan dan harus sudah selesai dalam waktu 24 jam berikutnya.

3.5. BAHAN
3.5.1. Sumber material

Material lapis pondasi jalan tanpa penutup aspal harus dipilih dari sumber yang disetujui.

3.5.2. Ketentuan sifat-sifat bahan
Bahan lapis pondasi jalan tanpa penutup aspal harus memenuhi ketentuan di bawah ini dan harus bebas dari gumpalan lempung, bahan organik, atau bahan-bahan lain yang tidak dikehendaki dan harus mempunyai mutu sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan lapis permukaan yang keras dan stabil.

1. Lapis Fondasi Jalan Tanpa Penutup Aspal Kelas C
Agregat untuk Lapis Fondasi Jalan Tanpa Penutup Aspal Kelas C sebagaimana memenuhi Spesifikasi Gradasi dalam Tabel 3.2.2-1. dan persyaratan-persyaratan lain mengikuti tabel 3.1.2-2.

Tabel 1 Ketentuan Gradasi untuk Lapis Fondasi Jalan tanpa Penutup Aspal Kelas C


2. Waterbound Macadam

Agregat kasar dan halus untuk Lapis Fondasi Jalan Tanpa Penutup Aspal jenis Waterbound Macadam harus memenuhi ketentuan gradasi dari Tabel 3.2.2-2 di bawah ini. Ukuran agregat kasar harus sesuai dengan tebal yang tercantum dalam Gambar Rencana dan batas kedalaman ketebalan lapisan yang tercantum dalam Tabel 3.2.2-2.

Tabel 2 Ketentuan Gradasi untuk Waterbound Macadam

0 comments: